Artikel Manajer : Apa itu DSS ?

Artikel Manajer : Apa itu DSS ?

DSS
Manajer dapat memanfaatkan DSS untuk mengambil keputusan. DSS adalah sistem penunjang keputusan (Decision Support System) yaitu suatu sistem yang digunakan untuk membantu manajer mengambil keputusan. Contohnya dalam bidang marketing untuk menentukan multisegmen dengan penanganan berganda, lokasi pemasaran dan target pelanggan. Dalam bidang manufaktur dan perencanaan operasional digunakan untuk mengurangi kesalahan pada proses penjadwalan produksi.

ARP dan APS
Sebagian besar DSS yang dibangun diintegrasikan dengan sistem ERP untuk mengoptimalkan sistem ERP. Hasilnya adalah ARP dan APS. ARP adalah perencanaan sumber daya lanjut (Advance Resource Planning). Integrasi ARP dan ERP adalah MPC (Manufacturing Planning and Control System). APS adalah sistem penjadwalan dan perencanaan lanjut (Advanced planning and scheduling system) yaitu suatu sistem yang melacak biaya produksi dalam manufaktur dan mengalokasikan bahan baku dan kapasitas produksi secara optimal untuk menyeimbangkan permintaan dan kapasitas pabrik (Rouse, 2009). APS membantu pengambil keputusan di level perencanaan.

Metode
Metode – metode yang digunakan untuk membangun DSS dalam lingkup fungsi manajemen, antara lain what-if analysis, jaringan antrian terbuka, metode Heuristic Factory Planning Algorithm (HFPA), metode statistik dan optimisasi, metode multi kriteria kompleks, dan model fuzzyset.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna, Oligopoli, Monopoli dan Monopolistik

Makalah Tiga Ciri Munafiq

Pengajian Ahad pagi di kompleks Ponpes Al Itqon