3 Macam Tipe Dosen dan Cara Belajar Darinya

3 Macam Tipe Dosen dan Cara Belajar Darinya


Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

      Bagi teman - teman mahasiswa pasti sudah banyak bertemu dosen berikut watak dan sifatnya yang bermacam - macam, ada suka bercanda, ada yang bawaannya serius, ada yang mudah dapat nilai, ada yang sulit, ada yang apa - apa harus tertib-rapi-sopan, ada yang terkesan sembarangan dan sebagainya. Nah, berikut sedikit paparan tentang beberapa tipe dosen serta tips kalau bertemu tipe dosen terkait.

1. Tipe Dosen Santai
        Tipe dosen ini cenderung santai dalam proses pembelajaran, tidak banyak menuntut misalnya memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk memakai kaos atau hem atau jaket di dalam kelas bahakan ada dosen yang membolehkan memilih memakai sepatu atau sandal. Untuk urusan waktu dosen inipun memberi toleransi yang cukup besar seperti membolehkan mahasiswa masuk kelas walau terlambat tiga puluh menit atau bahkan kelas hampir selesai. Umumnya tipe dosen santai seperti ini karena dosen mengajar di kelas sore atau kelas malam yang para mahasiswanya bekerja di waktu siang dan waktu malamnya nyambi kuliah. Jadi dosen memberi keleluasaan yang cukup banyak pada mahasiswa yang bekerja seperti misalnya tentang keterlambatan masuk kelas tadi.
         Bila memiliki dosen yang serba seperti ini pasti menyenangkan bagi sebagian mahasiswa namun hendaknya jangan memanfaatkan kelonggaran yang diberi dosen untuk bermalas - malasan atau bersikap sembarangan di kelas terhadap dosen. Hal itu malah membuat nilai mahasiswa turun dan mahasiswa tidak bisa mengembangkan kepribadiannya. Mahasiswa yang baik tetap menghormati dosen yang menyalurkan ilmu dan bila diberi kelonggaran bisa memanfaatkannya dengan bijak contohnya karena mudah mendapat nilai dari dosen ini maka bisa lebih fokus untuk mencari nilai dari dosen yang nilainya sulit.

2. Tipe Dosen Serius
        Dosen yang jarang atau sulit diajak bercanda masuk kategori ini. Dosen ini banyak menuntut, harus pakai baju berkerah atau minimal kaos berkerah, harus pakai sepatu, harus datang sebelum dosen datang, harus begini, harus begitu, tidak boleh pakai gelang, tidak boleh pakai kalung, tidak boleh begini, tidak boleh begitu. Teman - teman mahasiswa yang dapat dosen ini harus hati - hati dan serba fokus misal toleransi terlambat lima belas menit bila lebih tidak boleh masuk kelas maka teman - teman sendiri yang harus menyesuaikan dengan ancang - ancang minimal sampai di kelas lima belas menit sebelum kelas dimulai supaya nggak terlambat dan bisa siap - siap dulu.
          Sebenarnya tipe dosen nggak buruk - buruk amat kok bahkan bisa disyukuri. Karena dosen tegas mahasiswa jadi bisa meningkatkan kualitas diri contoh mahasiswa jadi membiasakan untuk berlaku sopan dengan memakai baju yang sopan tidak memakai pakaian yang terlalu terbuka karena terlalu seksi. Mahasiswa membiasakan disiplin dengan datang tepat atau sebelum kelas dimulai. Jadi dosen yang serius bisa meningkatkan kualitas diri mahasiswa, memang mahasiswanya sendiri yang harus cerdas dan bijak jadi kuliah tidak sia - sia.

3. Tipe Dosen Standar Tinggi
         Mirip dengan tipe dosen kedua, dosen ini bayak menuntut seolah - olah sempurna sehingga sulit mendapat nilai maksimal, mahasiswa berusaha maksimal saja belum tentu dapat nilai maksimal apalagi mahasiswa yang malas - malasan. Dosen seperti ini jarang ditemui di kampus yang umum, dosen standar tinggi biasanya adanya ya di universitas standar tinggi pula seperti Harvard, ITB. Jadi bila ingin masuk Universtas ternama (maksudku kuliah di sana) maka harus siap menghadapi dosen - dosen semacam ini.
        Mahasiswa harus fokus dengan materi yang diberi dosen memperhatikan serta mengerjakan tugas - tugas dengan baik untuk meminimalisir kesalahan. Dosen standar tinggi mahasiswanya harus standar tinggi juga.
   
     Sekian, semoga bermanfaat. Aamiin.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna, Oligopoli, Monopoli dan Monopolistik

Makalah Tiga Ciri Munafiq

Pengajian Ahad pagi di kompleks Ponpes Al Itqon